Matematika


II. KONSEP DAN FAKTA PADA KOMPETENSI PEMECAHAN MASALAH PROGRAM LINIER

 

            Menurut Gagne Matematika sebagai bahan ajar dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok obyek belajar langsung dan kelompok obyek belajar tak langsung. Obyek belajar langsung meliputi fakta, skill, konsep, dan prinsip, sedangkan obyek tidak langsung terdiri transfer belajar, kemampuan inkuiri, kemampuan pemecahan masalah, disiplin diri dan penghargaan terhadap struktur matematika. Sehingga jika siswa mengalami kesulitan belajar matematika tentulah tentang obyek belajar tesebut.

  Konsep Dalam Matematika

Menurut Syaiful Sagala (2006:71) menyatakan bahwa konsep merupakan buah pemikiran seseorang atau sekelompok orang yang dinyatakan  dalam definisi sehingga melahirkan produk pengetahuan meliputi prinsip, hukum, dan teori . Konsep merupakan bagian dasar untuk membangun pengetahuan yang mantap karena konsep merupakan bagian dasar ilmu pengetahuan.

Konsep dalam matematika adalah abstrak yang memungkinkan kita untuk mengelompokkan (mengklasifikasi) objek/kejadian. Konsep yang tingkat tinggi dapat berupa hubungan antara konsep-konsep dasar. Konsep dapat dipelajari melalui definisi/pengamatan langsung. Disamping itu juga konsep dapat dipelajari dengan cara melihat, mendengar, mendiskusikan dan memikirkan tentang bermacam-macam contoh.

 Fakta Dalam Matematika

               Fakta matematika tidak lain adalah simbol-simbol matematika sebagai contoh, 2 adalah simbol untuk bilanganb dua, + simbol untuk penjumlahan. Siswa mungkin sudah hafal dengan kata “dua” dan sudah mahir menuliskan simbol “2” namun ia gagal memahami apa makna dari simbol 2 tersebut yang tidak lain bilangan dua yang merupakan suatu sifat dari himpunan. Ini berarti bahwa siswa tersebut mengalami kesulitan dalam mempelajari bilangan 2. Dalam mengajarkan bilangan 2 akomodasi bisa terjadi jika disajikan dengan menggunakan benda nyata yang dapat berupa alat peraga atau benda yang sebenarnya. Dengan aktifitas membangun himpunan yang anggotanya dua, menyebut simbol ucap “dua” dan menulis simbol tulis “2” diharapkan siswa dapat memahami pengertian bilangan dua yang diberi simbol “2” tesebut.    

Konsep dan fakta dalam kompetensi enyelesaikan permasalahan programlinier sbb:

KONSEP FAKTA
Pengertian program linier Angka-angka yang dipakai dalam kmpetensi programlinier 1,2,3,4,5,…
Pengertian model matematika Simbul-simbul yang dipakai dalam program linier, contoh >, <, ≤,  ≥, =
Pengertian garis selidik 2x + y < 3
Prinsip menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier -2x + 3y > 12
Prinsip menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier dua variabel x + 2y ≥ 4
Teori menggambar grafik penyelesaian pertidaksamaan linier 2x + 3y ≤ 6
Definisi nilai / titik optimum Sumbu x
Definisi nilai /titik mínimum Sumbu y
Prinsip menentukan sumbu ordinat Bentuk objektif  Z = ax + by
Membuat kalimat matematika Kilo gran, gran, meter, kilometer, rupiah dll
Menentukan apa yang diketahui dan ditanya “ – “, “ + “, “ x “
Menyusun sistem pertidaksamaan linier -1, -2, -3, -4, -5, …
Menentukan daerah penyelesaian Rp 650.000,  Rp 230.000, dll
Fungsi obyektif 12m2,  11 m2 , 3m, 12 kg, 5 gr, dll
Definisi Kalimat verbal ( 2,3), ( -1, 6), (2,-3), …
Defiisi diagram kartesus (x,y), ( -x,y), (x,-y), (-x,-y)
Garis bilangan X ≥ 0
Variabel Y ≥ 0
Definisi persamaan dan pertidaksamaan linier  
Himpunan penyelesaian ( HP )  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: